Jika Kita sedang menghadapi penolakan:  lamaran pekerjaan yang ditolak, cinta yang ditolak, ide yang ditolak, bacalah dulu kisah singkat orang-orang di bawah ini. Orang-orang ini membuktikan, penolakan hanyalah bagian dari sebuah perjalanan kesuksesan:

  • Ide mesin fotokopi Xerox pernah ditolak oleh 20 perusahaan. Baru setelah 7 tahun  penolakan itu, mesin fotokopi ini bisa diterima.
  • Alexander Graham Bell disuruh seorang bankir untuk menyingkirkan ‘mainan itu’. Sang bankir menolak membeli ‘mainan itu’ dengan alasan tidak membutuhkannya. ‘Mainan itu’ adalah telepon.
  • Sebanyak 33 penerbit telah menolak manuskrip Chicken Soup For The Soul. Para editornya percaya, kisah nyata pendek yang disusun oleh Jack Canfield dan Mark Victor Hansen ini tidak menjual. Kini, buku tersebut telah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia dan diterbitkan dalam 54 bahasa.
  • Di tahun 1962, empat orang musisi muda tampil untuk audisi rekaman di hadapan para eksekutif Decca Recording Company. Para eksekutif tidak terkesan dengan musik mereka. Saat menyuruh kelompok musisi ini pergi, salah satu eksekutif berkata, “Kami tidak suka suara mereka. Suara gitarnya tidak harmonis.” Kelompok musik yang ditolak ini bernama The Beatles.
  • Sebuah organisasi yang terdiri dari para ahli mengatakan usaha Thomas    Alfa Edison dalam menciptakan lampu listrik sebagai praktik ilmu pengetahuan yang sia-sia dan  tak ada gunanya mendapatkan perhatian.
  • Di tahun 1954, Jimmy Denny manajer Grand Ole Opray, memecat seorang penyanyi setelah sekali tampil. Ia menasihati penyanyi tersebut , “Kamu tidak akan beranjak kemana-mana nak, kamu lebih baik kembali mengemudikan truk.” Penyanyi itu bertahan dan kemudian menjadi Elvis Presley.
  • Ide cerita Star Wars karya George Lucas pernah ditolak oleh studio-studio film ternama Hollywood dan setiap jaringan televisi Amerika Serikat. Tetapi kini film tersebut tercatat sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa dengan perolehan total sebesar $4.45 miliar. Belum lagi penghasilan dari penjualan merchandise-nya.
  • Di tahun 1944, Emmeline Snively, direktur Blue Book Modeling Agency menasihati Norma Jean Baker, “Kamu lebih baik belajar pekerjaan kesekretariatan atau menikah sajalah.” Norma bertahan dan kemudian ia menjadi Marilyn Monroe.
  • Seorang guru memarahi seorang murid laki-laki karena tidak memerhatikan pelajaran matematika dan tidak bisa menyelesaikan soal-soal yang mudah. Guru ini memberinya nasihat bahwa ia tidak akan bisa menjadi seseorang dalam kehidupan ini. Anak laki-laki itu adalah Albert Einstein.

Pembaca yang bijaksana, penolakan bukanlah akhir segalanya. Teruslah melangkah dan berjuang dengan keyakinan.

“Sebuah penolakan adalah tidak lebih dari sebuah langkah  yang diperlukan dalam meraih sukses” – Bo Bennet

Sumber : https://renungankesaksian.wordpress.com/