Strive Misiyiwa adalah orang terkaya di Zimbabwe, dan merupakan salah satu pengusaha paling terkenal di Afrika. Dilansir Forbes, Senin 7 Juli 2014, majalah ekonomi terkemuka ini memperkirakan jumlah kekayaan Misiyiwa mencapai US$600 juta.

Dia merupakan pendiri Econet Wireless Group, perusahaan telekomunikasi seluler Pan-Afrika yang beroperasi di seluruh Afrika, Inggris, dan Selandia Baru. Misiyiwa juga menjadi anggota dewan penasihat di Rockefeller Foundation dan dewan hubungan luar negeri.

Misiyiwa mengelola akun Facebook miliknya ke publik sebagai metode pembelanjaran bagi pengusaha pemula di Afrika. Melalui Facebooknya tersebut, dia mengenang pengalaman masa lalu dan membagi pelajaran tentang kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan. Akun Facebook miliknya itu menjadi sangat populer dengan lebih dari 35 ribu likes. Selain itu, raksasa perusahaan telekomunikasi seluler yang dibangunnya, dan kini berusia 53 tahun sangat menginspirasi banyak orang untuk bisa mengikuti jejaknya.

Berikut adalah 10 motivasi hebat yang ditulis Misiyiwa dalam akun Faceboook miliknya, dan semoga menginspirasi :

  1. Integritas adalah modal yang lebih baik dibanding uang. Kita dapat menumpuknya seperti uang, dan Kita dapat menggunakannya seperti uang, tetapi itu jauh lebih baik dan abadi.
  2. Jika korupsi bisa diberantas, tidak ada anak yang tidur dengan perut lapar, tidak akan ada ketidakadilan, setiap anak akan berada di sekolah. Kekuatan yang paling kuat untuk melawan korupsi adalah salah satu orang yang mampu berkata “tidak”.
  3. Sikap menentukan kualitas diri Kita. Jika Kita memiliki sikap buruk, Kita akan runtuh dengan sendirinya dan tidak akan mencapai tujuan. Sikap buruk akan membuat Kita tidak akan memiliki kemajuan apa-apa.
  4. Kita hanya dapat menemukan peluang jika Kita mencari mereka.
  5. Dalam hidup Kita tidak cukup hanya memiliki visi. Tetapi, harus mau bekerja keras dan berdedikasi untuk mewujudkan impian itu menjadi kenyataan.
  6. Berwirausaha tanpa memiliki keterampilan justru akan membatasi potensi pertumbuhan Kita.
  7. Petani atau sarjana, memiliki peluang yang sama untuk meraih kesuksesan. Mereka hanya perlu berinovasi, tetapi hanya sedikit saja yang melakukan itu.
  8. Masalah adalah kesempatan. Kesempatan bagi manusia untuk bisa menciptakan peluang dengan mencoba untuk menyelesaikannya.
  9. Orang Afrika harus percaya bahwa dia pasti mampu membangun perusahaan yang memiliki pengaruh global.
  10. Jika Kita bekerja atau sedang menjalankan bisnis, Kita harus bisa menyisihkan waktu untuk melanjutkan pendidikan formal dan menambah keterampilan.

 

Sumber : https://bisnis.news.viva.co.id/news/read/519508-10-motivasi-hebat-dari-orang-terkaya-di-zimbabwe