Yesus Kristusb. Manusia Mencari Allah : Agama

Kita akan membicarakan secara lebih rinci, bagaimana Allah menyediakan, Kristus menggenapi, dan Roh Kudus melaksanakan keselamatan.

Ketika Adam berbuat dosa, Allah memanggil dia: “Adam, di manakah engkau?” (Kejadian 3:9). Saya sempat tertegun dengan kalimat ini. Saya mencoba merenungkan dengan serius perkataan Tuhan ini. Saya mau mengerti dari awal, mengapa Tuhan mencari Adam? Bukan Adam yang mencari Tuhan. Marilah kita memperhatikan perbedaan-perbedaan penting di bawah ini.

Bukankah semua agama mengatakan bahwa manusia mencari Tuhan? Sebenarnya, jika kita meneliti dengan tepat, agama bukannya mencari Tuhan. Agama mau mencari damai, agama mau mencari perasaan aman diri, agama mencari kesuksesan diri, agama mencari berkat Tuhan, agama mau mencari kenikmatan di dalam Tuhan, tetapi bukan mencari Tuhan. Tidak ada dalam Alkitab yang mengatakan di dalam agama manusia mencari Tuhan. Menusia mengatakan agama mencari Tuhan, tetapi Tuhan berkata bahwa Ia “memandang kebawah dari sorga kepada anak-anak manusia, untuk melihat apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.” (Mazmur 53:3-4).  “Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.” (Roma 3:10-12). Ini bukan perkataan manusia, tetapi perkataan Allah dalam Kitab Suci-Nya. Allah menyelidiki dari sorga dan Allah mau melihat kehidupan manusia yang terdalam, dan ternyata tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Tidak ada seorang pun yang mengerti kebenaran. Tidak ada seorangpun yang melakukan kebajikan. Semua sudah menyimpang dari kebenaran, semua sudah memberontak melawan Tuhan, semua sudah berjalan di dalam kejahatan, termasuk orang-orang beragama.

Beberapa tahun terakhir ini, kita bisa melihat baik di surat kabar atau pun di televisi, bahwa mereka yang membunuh orang lain bukanlah orang-orang atheis, tetapi justru orang beragama. Di Indonesia, orang-orang yang paling berani membunuh orang lain bukanlah penjahat tetapi justru orang-orang beragama. Orang beragama bisa menjadi orang yang lebih kejam daripada orang yang tidak percaya adanya Tuhan. Ketika mereka dihukum mati karena kejahatan mereka, mereka malah beranggapan sudah melayani Tuhan Allah. Apakah agama mencari Tuhan? Tidak! John Stott, professor dan teolog terkenal Kekristenan saat ini, di dalam kongres Lausanne II mengatakan: “Agama bukan mencari Allah, tetapi agama adalah salah satu usaha manusia untuk melarikan diri dari Allah.”

Saya memang percaya bahwa banyak orang yang mempunyai agama dan berusaha untuk berbuat baik. Tetapi semua yang disebut berbuat baik, dan semua yang disebut mencari Tuhan, hanya didasarkan pada standar manusia saja, bukan menurut apa yang Allah tetapkan. Maka manusia menganggap diri mencari Tuhan, tetapi Tuhan melihat tidak ada seorang pun yang mencari Dia. Dalam hal ini, siapakah yang benar: manusia atau Tuhan Allah?

Jika Saudara meneliti hubungan organis dalam suatu organisme, maka di dalam Roma 3:4 dikatakan bahwa semua manusia adalah pendusta dan bagaimana Allah yang benar mau dikalahkan oleh manusia yang pembohong. Roma 3:10 mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang benar. Itu berarti proklamasi Allah bahwa: “tidak ada seorang pun yang mencari Dia” adalah suatu pernyataan yang benar dan tidak bohong. Manusia yang mengatakan “saya mencari Allah” sebenarnya tidak sadar bahwa dia sedang berbohong, bahkan berbohong terhadap diri sendiri. Jika Saudara tidak mempunyai perasaan takut akan Allah yang sungguh dan tidak digerakkan oleh Roh Kudus, maka sekalipun Saudara adalah seorang yang beragama, Saudara bisa bersalah, berdosa, berbuat kejam, jahat, keji melampaui orang-orang yang tidak beragama.

Paulus adalah seorang muda yang berambisi untuk menganiaya, memenjarakan, bahkan membunuh orang yang percaya kepada Tuhan. Bahkan, ia mendapatkan surat izin atau mandat dari Imam Besar di Yerusalem untuk pergi kemana-mana dengan mandat dan otoritas yang sah untuk memburu orang-orang Kristen. Akhirnya, ia mengejar orang-orang Kristen yang melarikan diri hingga ke kota Damsyik. Namun di tengah perjalanan, ketika sudah hampir tiba di kota Damsyik, Yesus bertemu dengan dia. Yesus menjatuhkan dia dari atas kudanya dengan sebuah sinar yang kuat. Ia jatuh tergeletak, dan ia tahu bahwa itu pasti kuasa Allah. Tidak mungkin ada kuasa yang bisa memiliki cahaya yang sedemikian kuat, bahkan melampaui sinar matahari, kuasa yang sedemikian kuat sehingga ia harus jatuh dari kudanya. Segera ia berseru: “Siapakah Engkau, Tuhan?” (Kisah Para Rasul 9:5). Seruan pertanyaan ini sangat aneh. Jika Saudara berseru: “Siapakah engkau, Stephen Tong?”  Pasti orang akan berpikir, mengapa sudah tahu masih bertanya.

Ketika Paulus yang ketika itu masih bernama Saulus (Saulus berarti “si Besar”, sedangkan Paulus berarti “si Kecil”), mengerti bahwa itu adalah Tuhan. Hal ini memberikan suatu fakta yang sangat dalam. Ini membuktikan bahwa begitu banyak teolog-teolog, yang begitu banyak mengajar tentang ketuhanan, sendirinya tidak mengenal Tuhan yang sejati. Pada saat itu Saulus penuh dengan kuasa. Ia adalah seorang pemimpin agama. Ia juga mempunyai kapasitas akademis yang saat ini bisa disetarakan dengan gelar Ph.D., lulus dari sekolah agama tertinggi di bawah guru besar yang paling terkenal dan dianggap paling akademis saat itu, yaitu Gamaliel. Paulus adalah seorang yang paling pandai dan cemerlang di antara para pemuda-pemudi, di antara para sarjana teologi, di antara orang-orang yang mempelajari keagamaan, dan bahkan di antara para pemimpin agama. Ia mengajar orang lain tentang ketuhanan, tetapi pada saat Tuhan bertemu dengan dia, dia sendiri tidak mengenal Tuhan dengan baik dan bertanya, “Siapakah Engkau?”  Ia belum pernah sungguh-sungguh mengenal Tuhan. Ia hanya mengenal Tuhan dari buku-buku. Seolah-olah mempunyai pengetahuan cukup, memiliki gelar yang tinggi, tetapi tidak mengenal siapa Allah itu sendiri, karena ia belum pernah sungguh-sungguh mengenal Tuhan secara pribadi. Itu sebabnya, marilah kita merendahkan hati dan kembali kepada Tuhan yang begitu mengasihi kita.

c. Allah Mencari Manusia : Keselamatan

Pada saat Adam berbuat dosa, Tuhan tidak bertanya: “Hei, Adam, apa yang sudah terjadi? Apa yang telah kau perbuat? Mengapa engkau sudah memakan buah terlarang itu?”  Tuhan tidak berkata, “Apakah engkau pikir Aku tidak melihat apa yang kau lakukan? Tidak tahukah kamu bahwa mata-Ku tidak terselubung oleh apa pun, sehingga Aku bisa mengetahui apa pun yang engkau lakukan?” Tuhan mau mengatakan: “Aku melihat engkau di mana; sayang, engkau tidak melihat Aku di mana.”

Tuhan bertanya: “Di manakah engkau?” Mengapa Tuhan bertanya demikian? Di sini kita perlu mengerti suatu hakikat yang sangat penting, yaitu “pergeseran status”.

Dosa tidak menanyakan apa yang Saudara perbuat, atau apa yang Saudara sudah makan, tetapi dosa menanyakan di mana posisi Saudara sekarang. Dosa harus dimengerti sebagai kondisi status yang sudah bergeser. Dosa adalah saat Saudara sudah pergi dari tempat asli Saudara, sehingga tempat asli Saudara sekarang dalam kondisi kosong. Untuk itu, Saudara harus dikembalikan ke tempat asal, kembali kepada Allah, kembali ke sasaran yang ditetapkan oleh Tuhan Allah. Melepaskan sasaran, mengurangi kemuliaan, menggeser dari kedudukan asli, itulah dosa.

“Di manakah engkau, Adam?”  Tuhan telah menetapkan tempat dan status yang asli bagi manusia, tetapi manusia telah menggeser diri dan pergi ke tempat yang lain. Manusia sudah melepaskan sasaran yang Tuhan tetapkan, dan menggantinya dengan sasaran-sasaran hidup yang dibuatnya sendiri. Manusia sudah meninggalkan kemuliaan Allah yang seharusnya dipancarkan dalam hidupnya, dan masuk ke dalam kehinaan dengan pergeseran status. Maka Tuhan Allah memanggil Adam keluar, memerintahkan Hawa keluar, dan juga ular, lalu Tuhan menghakimi mereka yang berdosa ini. Pada saat itu, Tuhan Allah berkata: “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau [ular] dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu [si ular], dan engkau [si ular] akan meremukkan tumitnya [keturunan perempuan itu]”  (Kejadian 3:15). Maka akan terjadi perseteruan antara yang baik dan yang jahat di dalam dunia ini. Suatu perseteruan yang begitu keras, yaitu antara setan, yang diwakili oleh ular dan keturunannya; dan Juruselamat, yang diwakili oleh anak dara Maria yang melahirkan Yesus Kristus. Keduanya bermusuhan.

Pada suatu hari dunia akan mengetahui bahwa dosa bisa diselesaikan dan dikalahkan, karena ada seorang anak dara atau perawan, yang akan melahirkan seorang anak laki-laki. Seorang perawan adalah seorang gadis yang belum pernah disetubuhi oleh laki-laki, belum belum pernah berhubungan seksual dengan seorang pria. Hei, anak-anak gadis SMP dan SMU, apakah kalian masih perawan? Tuhan memberikan tanda di dalam tubuh seorang wanita, yaitu tanda keperawanan. Pada suatu hari, seorang anak perawan yang belum pernah disentuh, belum pernah mengenal seks, dan belum pernah menikah, akan melahirkan seorang anak. Inilah kalimat yang paling awal setelah Adam jatuh kedalam dosa. Allah sudah menyediakan keselamatan bagi manusia.

Tuhan Allah sudah menyediakan Juruselamat. Ia sudah menjanjikan ada satu Juruselamat, yang akan menjadi penolong dan yang akan berdiri di antara Allah dan manusia berdosa, untuk menyelesaikan penyelewengan dan dosa kita. Siapakah yang menghibur hatiku? Siapakah yang menghapus airmataku? Siapakah yang menanggung dosaku? Hanyalah Tuhan Yesus! Hari itu adalah hari kejatuhan Adam, dan hari itu adalah juga hari perjanjian Allah. Hari itu adalah hari Adam harus diusir keluar dari Taman Eden, tetapi hari itu, sebelum diusir, Adam diberikan pengharapan bahwa Juruselamat akan datang. Saya berharap Saudara bisa mengerti dengan jelas apa itu iman Kristen. Saya ingin Saudara mengenal dengan tepat, siapa itu Tuhan Allah. Saya ingin Saudara mengetahui dengan tepat, apa itu Injil, dan apa artinya Yesus Kristus satu-satunya Juruselamat.

Mungkin sudah berpuluh-puluh tahun Saudara menjadi Kristen, tetapi saya tidak tahu seberapa banyak Saudara sudah mendapatkan penjelasan yang tepat tentang pengertian-pengertian ini yang dinyatakan Alkitab tentang Yesus Kristus. Mungkin sudah berpuluh-puluh tahun Saudara menjadi Kristen, tetapi hanya sibuk minta kaya dan minta sukses, sehingga Saudara mudah ditipu oleh pendeta-pendeta yang merampok kekayaan dan milik Saudara, di mana mereka mau persembahan Saudara semakin banyak dan membuat mereka kaya, sambil hidup mereka sendiri tidak beres. Mari kita kembali kepada Kristus, mengenal Dia dengan benar. Kiranya kita boleh bertobat sungguh-sungguh dan menerima keselamatan yang disediakan oleh Bapa, digenapkan oleh Yesus Kristus, dan sedang dilaksanakan oleh Roh Kudus. Amin.

(bersambung)

Sumber:
Nama buku        :  Jesus Kristus Juruselamat Dunia
Sub Judul          :  Juruselamat Satu-satunya : Yesus Kristus
Penulis              :  Pdt. DR. Stephen Tong
Penerbit            :  Momentum, 2004
Halaman            :  66 – 74

Sumber : https://www.facebook.com/notes/sola-scriptura/juru-selamat-satu-satunya-yesus-kristus-bagian-2-artikel-pdt-drstephen-tong/802825703099218