????????????????????????????????????

Pdt. Dr. Stephen Tong

Wawancara bersama dengan Pdt. Dr. Stephen Tong setelah pelaksanaan KPIN 2014 di Semarang.

Pdt. Dr. Stephen Tong adalah Teolog, Filsuf Kristen, dan salah satu tokoh dan pengajar teologi Reformed dilahirkan di Xiamen Provinsi Fujian, Republik Rakyat Tiongkok pada 1940. Ia kemudian menjadi warganegara Indonesia dan saat ini tinggal di Jakarta dan sejak usia 17 tahun telah terpanggil untuk menjadi penginjil. Kami menggali Tokoh Besar dalam dunia kekristenan dalam petikan wawancara berikut ini. ‎

Pertanyaan : Mengapa Anda memilih Teologi Reformed sebagai salah satu dasar dalam Gereja Anda dan bagaimana pandangan Anda kondisi gereja saat ini ?

Gereja yang dibangun di masa masa sekarang ini belum tentu dengan niatan yang baik, seperti saat Raja Herodes membangun Bait Allah niatnya adalah untuk mempermudah dia secara politik dan pada akhirnya Tuhan ditinggalkan. Banyak pembangunan gereja motivasinya salah sehingga Tuhan tidak memberkati.

Saat Raja Herodes membangun Bait Allah, apakah tujuannya itu jadi kenyataan? Dia adalah orang yang tidak seharusnya menjadi raja karena dia orang edom dan dia punya motivasi sudah salah, namun Tuhan ijinkan itu jadi dan selesai yang kemudian dibakar. Kurang sadarnya manusia terhadap Teologia Kesuksesan yang berkata orang sukses adalah Berkat Tuhan, ini adalah satu masalah.

Pertanyaan : Apakah benar banyak orang mencari Kebenaran yang sejati, saat sekarang banyak Hamba Tuhan yang jatuh?

Dari mereka semua yang menyetujui Teologi Kemakmuran pasti hancur! Saya mementingkan bagaimana kemuliaan Tuhan dinyatakan di dalam doktrin yang benar, penginjilan yang benar, korban yang benar, pikul salib yang benar, saya menunggu 30 tahun untuk masa era ini dapat terjadi.

Banyak perampok pakai jubah pendeta, saya dari muda sampai sekarang sangat konsisten, Gereja bukan milik perorangan, saya hanya pendiri gereja dan saya hanya fokus pada penginjilan.

Pertanyaan : Siapakah yang akan meneruskan kepemimpinan Anda?

Saya tidak pernah mengangkat orang menjadi penerus saya. Kalau Gereja itu adalah milik bersama bukan milik seorang pemimpin secara pribadi.

Gereja dari permulaan di pimpin oleh orang yang tidak ngerti apa itu Gereja, menaruh policy keuangan tanpa mengerti apa itu policy keuangan Gereja, dan tidak mengerti kesuksesan adalah Pimpinan Tuhan dengan kelihatannya semua sukses dan di saat yang sama ternyata semua itu berakhir dengan kehancuran.

Pertanyaan : Tentu anda prihatin dengan kondisi yang terjadi, Langkah apa yang Anda tempuh untuk gereja kembali on track?

Justru mereka yang tidak mau belajar. Kalau kamu mengajar bagaimana masak yang enak, cukuplah kamu mengajar tidak perlu anda yang masak semua. Tuhan suruh saya mengkhabarkan injil saya sudah kerjakan apa yang Tuhan suruh saya kerjakan.

Sekarang ini orang-orang datang ke gereja sebagai penggemar rohani bukan sebagai orang yang sungguh-sungguh mau ikut Tuhan dan pikul salib. Itukah namanya Jemaat? Yesus bilang jangan usahakan makanan yang bisa rusak usahakan makanan dari surga maka dagingku dapat di makan dan darahku dapat diminum akankah mereka semua lari dari Doktrin yang benar.

Baca di Yohanes 6 ada murid yang cari makan, ada yang ikut Yesus itu berapa lapis orang? They are not the people. Saya berperang dengan 1 jaman, Tuhan yang saya beritakan akan menang selama-lamanya. Dari permulaan tidak mau belajar, yang buat jatuh bukan anda yang buat bangun juga bukan anda. Apakah kamu sanggup mengemban tugas yang menantang ini sebagai Jemaat Tuhan.

Yerusalem waktu dibakar orang-orang Israel sayang tidak? Lalu Yeremia sayang tidak? Namun apakah dia bisa menahan tidak ada orang  bisa mencegah karena dosa harus mendapat imbalannya. Pemimpin-pemimpin menerima upah dari dosa mereka, dan mereka sedang dihajar Tuhan.

Pertanyaan : Anda melihat Gereja yang besar, hati ke hati antar jemaat dengan pemimpin akan berkurang?

Gereja kecil bisa kelola jemaatnya? Saya harus jalan karena Tuhan perintahkan. Gereja itu apa, bagaimana mengelola gereja, itu seperti apa? Untuk orang yang dibiarkan tidak ada recovery atau pemulihan, untuk orang yang di hajar Tuhan akan di pukul.

Dipukul sebagai anak, dibiarkan sampe hancur adalah di hukum. Kekristenan dipermalukan oleh orang orang yang sesat. Kita setiap hari pikul salib dan sangkal diri. Bagaimana reform membalikkan keadaan ini saya akan bangkitkan orang orang muda untuk Next Generation. Reform akan kalahkan mereka.

Investasi setan dan korupnya Gereja, setan buat kamu seakan – akan selalu menang dan menghancurkanmu dengan sex dan uang. Paulus mengatakan engkau harus bertobat, kristus mati bagi kita itu berita adalah inti dari ajaran Paulus. Menyenangkan kedagingan manusia –You gonna waste your time until you return to the bible – Engkau akan menghabiskan waktumu hingga kembali kepada Alkitab yang sejati.

Yesus mengatakan kau guru Israel kau masih tidak tau inikah ? Yesus mati dia ikut melayani satu satunya farisi mau sadar yang lain Tidak! Yesus menjalankan hari sabat saat Nikodemus kembali ke Tuhan.

Orang yang belajar sedikit sudah berani jadi pendeta. Hanya mereka yang rendah hati dan belajar dengan kualitas. Sebagai contoh jam merek Hermes tentu ada mutunya namun dia punya mesin yang sama. Saya menelusuri sesuatu tentang jam saya taruh di museum bisa harganya cukup mahal namun yang saya pake yang 3 juta. Orang pikir dan kira saya tidak ngerti kualitas yang baik? Saya ngerti. kata Pak Tong dengan senyum.

Pertanyaan : Beberapa orang menerima Pengajaran Anda dengan pandangan negatif bagaimana anda menanggapinya?

Banyak orang berkata saya sudah benci dengan kotbah– kotbah yang demikian keras. Malam ini kamu boleh benci saya namun makin lama makin cinta dengan pengajaran saya karena Doktrin Kebenaran.

Cilakalah kau farisi! Kalau dari dulu mereka dengar Yesus berkata orang farisi duduk di kursi musa mengajar engkau musti dengar namun jangan ikut kelakuan. Cilakalah kamu orang pura pura namun duduk di kursi musa yang dia lakukan salah ketika kamu dengar firman kamu musti dengar.

Teologi kesuksesan adalah teologi yang menghancurkan Kristen. Suara Hati Nurani Kekristenan. Kesalahan pada akar maka akan keluar di titik batang akan bisa keluar. Kamu lihat departure the root – Keberangkatan dari akar ada racun maka setiap batang ada racun. Tuhan Yesus lihat totalitas bangsa ular yang beracun bagaimana melarikan diri dari umat Allah ? Nabi yang berani mempersulit satu jaman.

Penutup Doa Bersama : Tuhan kami terlalu banyak hal tidak mengerti tetapi Tuhan memberi kebijaksanaan kepada orang rohani. Kiranya Tuhan memberkati kecerdasan dan hati yang baik mau melayani Tuhan membedakan segala sesuatu tidak menjadi alat si jahat termasuk banyak orang yang disebut pemimpin gereja, Bangkitkan era yang baru yang kokoh dan tidak hanya kelihatan sukses diluar. Tuhan dengar doa kami pimpin kami. Dalam nama Tuhan Yesus.

Pernyataan penutup pembicaraan hari ini.

Dari asal mula sudah salah sehingga kerusakan dan kehancuran ini tidak dapat di hindari. Tuhan bangkitkan orang, saya dipakai Tuhan. Orang yang hidup mewarisi iman dan semangat yang mati, orang mati menurunkan iman dan semangat yang Hidup.

Pewawancara : Gouw Ivan Siswanto

Sumber : https://www.kompasiana.com/ivangouw/dr-stephen-tong-pikul-salib-yang-benar_54f39a8d745513972b6c7c12