big-johnSeorang supir bus pergi ke garasi bus, mengambil bus yang musti disupirinya, dan melaju sepanjang rute bus itu. Tidak ada masalah untuk beberapa halte pertama. Beberapa orang naik, beberapa orang turun, dan hal-hal lain yang umum berjalan dengan baik.

Di halte berikutnya, seorang dengan badan besar naik. Badannya tinggi besar, mirip seorang pegulat, saking besar lengannya hampir menggantung ke tanah. Ia memelototi sopir dan berkata, “Big John tidak akan membayar!”. Lalu pria itu duduk di belakang.

Ah, iya, sopir bus itu berbadan tipis, pendek, dan pada dasarnya lemah lembut. Tentu saja, ia tidak ingin berdebat dengan Big John. Tapi ia tidak senang dengan hal itu.

Hari berikutnya, terjadi hal yang sama. Big John naik lagi, menolak membayar, dan duduk. Begitu seterusnya, setiap hari.

Kejadian ini mulai menjengkelkan sopir bus, ia mulai kehilangan tidurĀ  nyenyaknya atas kelakuan Big John yang mengambil keuntungan darinya. Akhirnya ia tak tahan lagi. Maka, sopir bus itu mendaftar untuk mengikuti kursus membentuk tubuh, karate, judo, dan semua hal bela diri.

Di akhir musim, sopir bus itu menjadi sangat kuat. Yang jelas, ia merasa benar-benar kuat, ia menilai dirinya lebih baik. Jadi pada hari pertama berikutnya, ketika Big John sekali lagi naik bus dan berkata, “Big John tidak akan membayar!”

Sopir itu berdiri, melotot kembali pada penumpang itu, dan berteriak, “Dan mengapa tidak?”

Dengan ekspresi terkejut di wajahnya, Big John menjawab, “Ah, Big John tidak jadi memiliki sebuah bus.”

Manajemen pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tadi, pastikan ada masalah di tempat itu sebelum bekerja keras menyelesaikannya.

 

Sumber : https://www.intisari-online.com/read/pelajaran-manajemen-dari-big-john