Sejarah penuh dengan kisah para ahli yang yakin bahwa gagasan, rencana, dan proyek orang lain tidak akan pernah bisa tercapai.

Namun, prestasi datang pada mereka yang berkata, “Aku bisa mewujudkannya.”

Pemahat Italia Agostino d’Antonio bekerja dengan rajin di atas tangga marmer besar. Karena tidak dapat menghasilkan karya yang diinginkannya, ia meratap, “Saya tidak bisa berbuat apa-apa dengan hal itu.”

Pematung lain juga mengerjakan bagian marmer yang sulit ini, namun sia-sia belaka. Michaelangelo menemukan batu itu dan memvisualisasikan kemungkinan di dalamnya.

Sikap “Saya dapat membuat itu terjadi”-nya lah yang menghasilkan salah satu karya dunia.

Para ahli di Spanyol menyimpulkan bahwa rencana Columbus untuk menemukan rute baru dan lebih pendek ke India hampir tidak mungkin dilakukan.  Ratu Isabella dan Raja Ferdinand mengabaikan laporan para ahli.

“Saya bisa mewujudkannya,” Columbus bertahan. Dan ia melakukannya.

Semua orang tahu dunia itu datar, tapi tidak dengan Columbus. Nina, Pinta, Santa Maria, bersama Columbus dan kelompok kecil pengikutnya, berlayar ke “tidak mungkin” lahan baru dan sumber daya yang berkembang.

Bahkan Thomas Alva Edison yang hebat mengecilkan hati temannya, Henry Ford, untuk mengejar gagasannya tentang sebuah mobil.

Yakin tidak berharganya gagasan tersebut, Edison mengajak Ford untuk datang dan bekerja untuknya. Ford tetap berkomitmen dan tanpa lelah mengejar mimpinya.

Meskipun usaha pertamanya menghasilkan kendaraan tanpa perlengkapan terbalik, Henry Ford tahu bahwa ia bisa mewujudkannya. Dan, tentu saja, ia melakukannya.

“Lupakan saja,” para ahli menasihati Madame Curie. Mereka menyepakati radium adalah gagasan yang tidak mungkin secara ilmiah.

Namun, Madame Curie bersikeras, “Saya bisa mewujudkannya.”

Demikian pula Orville dan Wilbur Wright. Wartawan, teman, spesialis angkatan bersenjata, dan bahkan ayah mereka menertawakan gagasan tentang pesawat terbang.

“Betapa bodoh dan gila cara untuuk menghabiskan uang. Pergi terbang seperti burung,” mereka mencemooh.

“Maaf,” jawab Wright bersaudara. “Kami bermimpi, dan kami bisa mewujudkannya.”

Akhirnya, sebuah tempat bernama Kitty Hawk, North Carolina, menjadi tempat peluncuran gagasan “konyol” mereka.

Pertimbangkan pula keadaan buruk Benjamin Franklin. Ia diingatkan untuk menghentikan eksperimen bodohnya tentang pencahayaan.

Betapa absurditas dan pemborosan waktu saja! Kenapa, tidak ada yang bisa mengalahkan lampu minyak yang luar biasa. Syukurlah, Franklin tahu ia bisa mewujudkannya.

Kita pun bisa mewujudkannya!

Sumber : https://intisari.grid.id/Inspiration/Tell-Your-Story/Yakinlah-Dan-Katakan-Aku-Bisa-Membuatnya-Terjadi?