Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates adalah sumber inspirasi bagi calon penguasa, paling tidak beberapa pendiri teknologi saat ini.

Tapi ketika pendiri Alibaba Jack Ma baru saja memulai, Gates juga merupakan sumber yang membuat Ma frustasi. Ma mengungkapkan hal ini pada hari Kamis (25/10).

“Ketika saya masih muda, saya membenci Bill Gates karena saya pikir Microsoft mengambil semua peluang,” kata Ma ketika berbicara pada pertemuan puncak inovasi di Tel Aviv, Israel. “IBM, Oracle, mereka mengambil semua peluang,” tambah Ma.

Ma berkata bahwa dia pertama kali memulai Alibaba pada tahun 1999. Dia percaya bahwa harga yang ditetapkan oleh perusahaan besar tersebut (Microsoft) membuatnya sulit untuk memulai perusahaan e-commerce. Seperti diketahui bahwa perusahaan e-commerce miliknya membutuhkan akses teknologi, namun harga teknologi yang mahal menjadi hambatan baginya.

Namun, Ma segera menyadari bahwa hal itu bukanlah salah Gates atau lainnya. Sebaliknya, alasan yang dikemukakannya justru menghalangi peluang Ma sendiri.

“Kebanyakan orang terus mengeluh,” kata Ma. “Tetapi jika kita bisa menyelesaikan keluhan, jika kita memecahkan masalah, maka itu adalah kesempatan.”

Bagi Ma, kendala teknologi tersebut berarti dia harus menciptakan teknologi yang lebih murah yang dapat digunakan oleh Alibaba dan jutaan usaha kecil lainnya. “Biaya IT ini terlalu mahal bagi kami, jadi kami harus berinovasi,” kata Ma. “Kami harus merancang teknologi yang cukup sederhana.”

“Itu saja. Kami dipaksa,” katanya.

Ma juga berkata bahwa sebagian inovasi terjadi bukan karena diinginkan orang, namun karena orang dipaksa melakukannya. Sejak kesadaran itu datang hampir dua dekade yang lalu, Ma telah mengembangkan hubungan dekat dengan Gates. Bahkan, Ma juga sering menjadikan Bill dan Melinda Gates Foundation sebagai inspirasi untuk usaha amal sendiri.

Persaingan yang sehat tetap ada di kedua perusahaan teknologi tersebut.

Bulan lalu, Ma memutuskan untuk mundur dari ketua Alibaba dan dia ingin melakukan satu hal yang lebih baik daripada Gates. “Saya tidak akan bisa menjadi sama kaya, tapi saya dapat melakukan satu hal lebih baik yaitu dengan pensiun lebih awal,” kata Ma.

Sumber : http://intisari.grid.id/read/03963898/

 

Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover. (Mark Twain)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube