Tom sedang mengunjungi Brian, mentornya, untuk mengejar ketertinggalannya.

Ia tidak yakin tentang masa depan dan menginginkan kepastian yang lebih besar tentang langkah selanjutnya.

“Saya tahu itu yang harus saya lakukan, tapi bagaimana jika itu tidak berhasil? Bagaimana jika saya gagal? Bagaimana jika itu adalah risiko yang tidak perlu? Bagaimana jika saya lebih baik tinggal di tempat saya sekarang?”

Brian menatap muridnya sambil tersenyum dan bertanya pada Tom, “Pernahkah Anda melihat migrasi rusa kutub?”

“Apa?” tanya Tom. Ia terbiasa dengan pertanyaan aneh Brian, tapi yang ini membuatnya terkejut.

Di Afrika setiap tahun, ratusan ribu rusa kutub bermigrasi untuk menemukan padang rumput yang lebih baik. Dalam perjalanan mereka, mereka datang ke sungai yang mengalir deras dengan penuh buaya besar yang menunggu makanan lezat. Mereka berdiri di tepi sungai, tahu apa yang menunggu mereka, dan mereka punya keputusan untuk dibuat. Apakah kita tinggal di sini, dimana tidak ada makanan, atau kita mengambil tantangan dari buaya, mengambil risiko untuk sampai ke padang rumput hijau di luar sana?

Dan kemudian mereka pergi. Mereka memahami risikonya di depan mereka, tapi juga mengetahui konsekuensi dari sisa di mana mereka berada. Rusa kutub terlihat seperti hewan bodoh, tapi saya menduga mereka lebih pintar daripada yang terlihat.”

Tom mengangguk, bangkit dari tempat duduknya dan pergi ke pintu mengetahui apa yang harus dilakukannya.

Ya, itu akan berisiko. Tidak ada jaminan bahwa itu akan berhasil.

Tapi tidak melakukan apa pun sudah bukan lagi menjadi pilihan.

Sumber : https://intisari.grid.id/read/03100081/setiap-tindakan-memiliki-risiko-dan-konsekuensi-yang-perlu-dijalani-jangan-takut-bertindak