Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Wanita kelahiran 27 Juni 1949 ini memang cukup ternama di kalangan para fashionista sebagai perancang dari aneka koleksi gaun pengantin yang selalu tampil memukau. Namun, siapa sangka bahwa pada mulanya desainer keturunan China yang lahir dan dibesarkan di New York ini sebenarnya terpikat oleh dunia skater.

Saat masih di bangku SMA, kakak dari Kenneth Wang ini sempat memfokuskan diri untuk melatih aksinya di atas hamparan lapangan es sebagai seorang skater. Bahkan dari hasil latihan kerasnya, murid Chapin School, sebuah sekolah khusus anak perempuan yang terletak di New York, ini pernah mengikuti lomba U.S. Figure Skating Championships pada tahun 1968. Namun, saat gagal menembus tim US Olympics, ia kemudian beralih ke dunia fashion.

Orang tua Wang sendiri sebenarnya lahir di Shanghai, China, dan baru pindah ke Amerika pada pertengahan tahun 1940an. Wanita yang pernah berkecimpung di majalah Vogue sebagai editor fashion senior selama 16 tahun ini juga berhasil menyelesaikan kuliahnya di University of Paris. Lulusan Sarah Lawrence College dengan gelar sarjana di bidang sejarah seni dan budaya ini kemudian sempat bergabung dengan Ralph Lauren sebagai pimpinan bagian desain selama 2 tahun setelah hengkang dari Vogue pada tahun 1985 karena posisinya digantikan oleh Anna Wintour.

Tahun 1990, wanita berambut panjang ini kemudian membuka usahanya sendiri di Hotel Carlyle di New York. Ibu dua anak ini juga yang telah membuat gaun pengantin untuk banyak seleb ternama di dunia antara lain seperti Mariah Carey, Jennifer Lopez, Thalia, Jessica Simpson, Avril Lavigne, Victoria Beckham, Jennifer Garner, Sharon Stone, Sarah Michelle Gellar, Uma Thurman, Holly Hunter, Campbell Brown, Jeri Ryan dan Karenna Gore, serta deretan nama-nama tenar lainnya. Wang jugalah yang mendesain kostum untuk para penari es termasuk bagi Nancy Kerrigan dan Michelle Kwan. Bahkan medali perak yang dipakai Nancy Kerrigan merupakan hasil karya dari tangan Wang bagi Olimpiade 1994 lalu. Dia jugalah yang mendesain seragam yang sekarang ini dipakai oleh cheerleaders Philadelphia Eagles.

Dalam film SEX AND THE CITY, nama Wang juga tercatat sebagai salah satu desainer yang gaunnya diperagakan oleh Carries Bradshaw (diperankan oleh Sarah Jessica Parker) dalam adegan pemotretan Vogue. Istri Arthur Becker ini kemudian meluaskan merk usahanya dengan merambah bidang parfum, perhiasan, kacamata, sepatu dan perabot rumah tangga. Pada 23 Oktober 2001, bukunya yang ‘Vera Wang on Weddings’ resmi diluncurkan.

Pada Juni 2005, Wang memenangkan penghargaan CFDA (Council of Fashion Designers of America) sebagai desainer busana wanita terbaik tahun itu. Lebih lanjut, pada 27 Mei 2006, Desainer gaun Bride Wars yang dikenakan oleh Kate Hudson ini lagi-lagi mendapat penghargaan seumur hidup ‘André Leon Talley’ yang dipersembahkan oleh Savannah College of Art and Design. Pada 2002, ibu dari Cecilia (1990) dan Josephine (1993) tersebut kemudian mulai menjajaki industri fashion rumahan.

Koleksi ‘Vera Wang China and Crystal’ miliknya bahkan didaftarkan sebagai salah satu dari 10 produk bridal yang terjual paling laris setelah baru 6 bulan bertengger di toko-toko di Amerika. Kini kedua puterinya juga menempuh pendidikan yang sama dengan Wang di Chapin School. Sedangkan Arthur, sang suami, berprofesi sebagai CEO dari perusahaan IT NaviSite. Selain itu, Arthur juga merupakan paman dari aktris Emmy Rossum. Wajah Wang ternyata tak hanya dikenal di dunia fashion belaka, wajah lebarnya juga pernah menghiasi layar kaca antara lain dalam tayangan Project Runway sebagai halim tamu (2006), Ugly Betty sebagai dirinya sendiri dalam episode: A Nice Day for a Posh Wedding (2007), dan The Apprentice sebagai dirinya sendiri (2008).

Sumber :  https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3700042/vera-wang-kegagalan-menuntunnya-pada-kesuksesan-sejati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube