Pendiri Microsoft, Bill Gates, dikenal cerdas dan inovatif yang membuatnya bertengger selama bertahun-tahun sebagai orang terkaya di dunia. Tak hanya cerdas dan inovatif, Gates pun juga dikenal sebagai orang yang peduli pada sesama.

Bahkan, Netflix pun meluncurkan seri dokumenter terbaru berjudul Inside Bill’s Brain. Dokumenter ini membahas kecerdasan Gates, yang menciptakan perangkat lunak komputer yang digunakan di seluruh dunia. Dengan kecerdasannya, Gates pun membantu sesama melalui lembaga filantropi yang didirikannya.

Tak tanggung-tanggung, ia pun menyumbangkan separuh kekayaannya untuk kegiatan amal. Namun, ada satu hal yang menjadi ketakutan Gates yang diungkapnya dalam dokumenter tersebut. Apa itu?.

“Saya tidak ingin otak saya berhenti bekerja,” kata Gates.

Memang, ada kondisi medis di mana otak manusia dapat berhenti bekerja, yakni penyakit Alzheimer. Penyakit ini dapat menyebabkan pengecilan fungsi otak seseorang. Barangkali ini yang dimaksud oleh Gates. Namun, kondisi ini bisa diartikan secara tersirat, yakni jika tak digunakan secara produktif, maka otak pun berkurang fungsinya.

Nah, Anda pun bisa meniru Gates terkait hal-hal yang dilakukan untuk mencegah otak berhenti bekerja. Berikut ini beberapa contohnya.
Menurut salah satu pegawai Gates di Microsoft, bukan hal yang tak mungkin bahwa Gates membaca hingga 14 buku ketika liburan. Sang pegawai juga menyebut Gates membaca minimal 150 halaman per jam.

Sebagian orang memang tak diberkahi kemampuan luar biasa itu. Akan tetapi, hal ini tak boleh menghentikan kita mempelajari hal-hal baru. Selain membaca, Kita dapat memperkaya pengetahuan dengan mengikuti seminar atau kursus online.

Pun tak mesti pengetahuan terkait pekerjaan, Kita bisa pula menambah pengetahuan semisal mempelajari alat musik atau bahasa asing. Sebab, perlu diingat bahwa ide-ide terbaik berasal dari paduan inspirasi dan informasi, tak peduli dari mana sumbernya.

Berlatih

Salah satu cara penting agar otak Kita tetap bekerja adalah melatih hal yang Kita dapat lakukan dengan baik. Berlatih dapat membantu Kita melakukan sesuatu dengan lebih baik. Berlatih pun dapat menciptakan pola dan mendongkrak memori. Artinya, ketika Kita melakukan sesuatu dengan lebih baik, maka ini akan menjadi otomatis dan Kita memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari hal lain.

Inovasi

Gates memang merupakan salah satu inovator terbaik di generasinya. Salah satu warisannya yang akan paling diingat adalah menemukan cara lebih baik untuk melakukan hal penting. Kita memang tak perlu melakukan hal-hal luar biasa seperti yang dilakukan Gates, namun Kita bisa berinovasi dengan berangkat dari pertanyaan pada diri kita sendiri, “Bagaimana hal ini bisa lebih baik?”

Sumber : https://intisari.grid.id/read/031908813/inilah-ketakutan-terbesar-bill-gates-bukan-kehilangan-kekayaan?