Guru-guru di sekolah atau dosen-dosen di kampus mengajarkan tentang banyak pelajaran selama kita menimba ilmu mulai dari TK hingga tingkat Universitas. Tapi tentu saja pelajaran tentang hidup tidak kita dapat di instansi-instansi tersebut karena pelajaran tentang kehidupan akan terus berjalan selama kita masih hidup. Nah, berikut ini ada hal-hal yang tidak dapat diajarkan guru atau dosen kepada para muridnya, tapi justru kita yang harus mempelajarinya sendiri. Seperti apa saja itu? Yuk mari kita mempelajarinya.

Mengambil Keputusan

Dalam hidup akan selalu muncul berbagai macam pilihan. Membeli tas atau sepatu baru, pergi ke mall atau taman hiburan, bahkan memilih pasangan hidup dibutuhkan sebuah keputusan. Dan bagaimana membuat keputusan yang baik dan bijak? Pertimbangkan segala resiko serta pro kontra masing-masing pilihan yang ada. Dengarkan kata hati saat memutuskan untuk membuat suatu keputusan.

Berani bermimpi besar

Artis Agnes Monica berkata, dream, believe and make it happen. Bahkan kalangan politisi seperti Aburizal Bakrie dan pemimpin bangsa kita yaitu Soekarno berujar untuk bermimpilah setinggi-tingginya. So, Jangan pernah takut dan ragu untuk meletakkan mimpi kita ditempat yang paling tinggi. Justru hal tersebut akan membuat kita untuk berusaha lebih keras juga, bukan? Jangan takut jatuh, bermimpilah!

Menghadapi musuh terberat

Selama menjalani hidup, kita pasti menemui orang dengan sifat dan karakter yang berkebalikan dengan kita. Kitapun dapat mengetahui mana lawan dan mana kawan, si egois, si pem-bully atau mana orang yang dapat dipercayai. Tak perlu risau ketika Anda diperhadapkan dengan mereka. Perbedaan membuat dunia lebih berwarna. Yang terpenting kita tak perlu menjadi seperti mereka. Menjadi diri sendiri saja sudah cukup serta selalu siap menghadapi musuh terberat kita.

Menerima kritikan dengan hati terbuka

Tak semua orang suka dikritik. Kebanyakan orang justru lebih suka mengkritik. Namun dalam hidup kita tak bisa menghindari kritikan.Jadi daripad Anda pusing dengan kritikan yang ditujukan kepada diri Anda, lebih baik menerimanya dengan hati terbuka dan menjadikan kritik tersebut sebagai cambukan agar kita dapat melangkah lebih maju.

Ikhlas melepaskan

Pelajaran tentang melepaskan sesuatu bisa dibilang pelajaran hidup yang paling sulit. Misalnya, Anda sulit melepaskan kekasih atau persahabatan Anda, tapi jika Anda tetap mempertahankannya hal tersebut justru membuat Anda atau kekasih Anda tidak bahagia. Jadi, bejarlah pelan-pelan melepaskan sesuatu yang memang mesti dilepas. Hal ini sejatinya hanya merupakan serangkaian dari proses yang mesti terjadi di hidup kita.

Berdebat sehat

Perdebatan selalu bisa terjadi baik itu dengan keluarga, sahabat atau mungkin pacar Anda. Perlu diingat, sebaiknya hindari perdebatan yang justru akan merugikan diri Anda. Jangan pernah berdebat dengan menggunakan “otot” atau nada tinggi. Hindari juga kata-kata yang akan membuat Anda menyesal nantinya.

Menerima pujian

Saat Anda dipuji karena baju kerja Anda yang baru dan menarik atau sepatu model terbaru yang sangat cocok ketika Anda memakainya, jangan lantas menafsirkan pujian tersebut sebagai hal yang negatif. Katakan terima kasih atas pujiannya karena Anda layak untuk menerima itu dan hargailah diri Anda sendiri.

Source : https://gemintang.com/kisah-sukses-motivasi-inspirasi/pelajaran-kehidupan/