Dr. Stephen Tong6. Pemuas Keadilan yang Tunggal

Yesus berhak dan sah menjadi Juruselamat dunia, karena Ia satu-satunya yang bisa memuaskan tuntutan keadilan Allah.Yesus satu-satunya yang mengisi, memenuhi, menggenapi, dan membayar hutang kita terhadap tuntutan keadilan Allah. Saya adalah orang berdosa dan saya harus dihakimi. Saudara juga adalah orang berdosa dan harus dihakimi. Kita semua adalah orang berdosa yang harus berhadapan dengan tuntutan keadilan Allah.Tidak ada orang yang bisa lolos dari tuntutan keadilan Allah ini.

Yesus mengatakan dari atas kayu salib: “Genaplah!” Itu berarti Dia sudah melunaskan hutang Saudara, dan Dia sudah melunaskan hutang saya. Dia sudah membayar sempurna semua kekurangan, kesempurnaan, kemuliaan, kepada Tuhan Allah. Dia sudah membayar tuntutan yang Tuhan minta, yang harus Saudara dan saya lunaskan. Musa tidak sanggup melakukan hal ini, Yesaya juga tidak sanggup, semua nabi, dan semua rasul tidak sanggup. Maka Yohanes Pembaptis mengatakan, : “Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.” Barangsiapa percaya kepada Yesus Kristus, barangsiapa datang kepada Anak Tunggal Allah, dan barangsiapa yang taat kepada Anak Domba Allah, pastilah dosanya akan ditanggung oleh-Nya. Siapakah yang berkata kepada Tuhan, “Tuhan, hari ini saya mau mengerti dan saya tidak main-main”?

Saudara ke gereja bukan untuk memamerkan baju yang baru Saudara beli. Saudara ke gereja bukan untuk mencari gadis yang cantik sehingga bisa berpacaran dengannya. Jika Saudara ke gereja sungguh-sungguh mencari Firman Tuhan, tidak mungkin Saudara dibuang oleh Tuhan. Namun, jika Saudara bermain-main dengan Firman. Bermain-main dalam beriman kepada Tuhan, Saudara akan mencari kecelakaan dan kutuk bagi diri sendiri. Saya sendiri tidak mempunyai motivasi lain, selain hanya ingin memberitakan Firman kepada Saudara,memberitakan Kristus kepada Saudara. Itu sebabnya, saya yakin tidak mungkin Roh Kudus tidak bekerja. Saudara boleh tidak setuju kepada saya atau membenci saya atau mengatakan saya tidak mempunyai Roh Kudus, tetapi jika Saudara mengikuti kebaktian saya, pastilah Saudara akan mengalami pekerjaan Roh Kudus. Kiranya Saudara boleh sadar, boleh bertobat dan mengalami sendiri pemberitaan Firman yang sungguh-sungguh setia dan memberitakan Yesus Kristus di mana Roh Kudus bekerja.

Hutang kita kepada Allah tidak mungkin kita lunaskan, karena dosa kita terlampau besar. Tuntutan keadilan Allah tak mungkin bisa digantikan oleh orang lain, karena mereka sendiri tidak sanggup melakukan itu bagi diri mereka sendiri. Tidak ada seorang pun di dunia, kecuali Yesus, yang bisa menggenapkan Taurat. Taurat diberikan bukan agar manusia bisa menggenapkannya, karena memang tidak seorang pun yang bisa memenuhi tuntutan tersebut, tetapi justru untuk menyatakan betapa manusia gagal memenuhi tuntutan keadilan Allah. Tuntutan keadilan Allah hanya bisa diselesaikan oleh satu orang saja, yaitu Yesus Kristus, karena Dialah yang paling sempurna, yang tidak berdosa, penuh kuasa ilahi, yang tidak terbatas, Penghulu Hidup, dan satu-satunya yang suci mutlak. Puji Tuhan!

Berbahagialah orang yang mengenal Kristus. Celakalah jika orang Kristen tidak mengenal Kristus. Berbahagialah yang menerima Kristus. Celakalah orang yang hanya mau mendengar Firman untuk mencari tambahan pengetahuan saja. Kiranya Saudara boleh berdoa di hadapan Allah: “Oh Tuhan Yesus, ajarlah aku untuk mengerti kalimat-kalimat-Mu yang begitu agung. Aku mau mengerti bahwa Engkau sudah menggenapkan tuntutan keadilan Allah dan aku mau percaya kalimat-Mu bahwa barangsiapa percaya kepada-Mu akan diselamatkan.”

7. Penyempurna Kekal yang Tunggal

Yesus Kristus adalah Juruselamat yang sah, karena Dia yang akan datang kembali. Yesus Kristus yang naik ke sorga, akan datang kembali. Orang-orang Islam juga harus percaya bahwa Isa yang akan datang kembali ke dunia, bukannya Muhammad. Mengapa harus Isa? Mengapa harus Kristus? Karena ini merupakan suatu kelengkapan, suatu keutuhan dalam satu paket dari seluruh jalinan keselamatan. Yesus lahir, Yesus diuji, Dia menang, Dia naik ke kayu salib, Dia mati, Dia bangkit, Dia naik ke sorga, dan Dia datang kembali. Seluruhnya ini merupakan satu paket yang disebut Injil. Selain Yesus Kristus tidak ada Injil. Selain Kristus tidak ada penyelesaian dosa. Selain Yesus Kristus tidak ada yang akan menghakimi seluruh dunia, dan selain Yesus Kristus tidak ada penggenapan, karena penggenap sejati hanya satu, yaitu Yesus Kristus.

Yesus akan datang kembali untuk menggenapi semua janji yang telah diberikan oleh Allah. Dia akan datang kembali untuk menggenapi apa yang kembali kepada Dia. Dia akan datang kembali untuk menyempurnakan iman setiap orang Kristen, setiap orang yang menerima Yesus, setiap orang yang percaya kepada-Nya. Saya lemah, Saudara lemah, setiap kita mempunyai kekurangan dan kelemahan. Sebagai manusia kita terkadang hanya bisa membenci, mengejek, mengkritik dan menghina kelemahan orang lain. Namun Tuhan berkata, “Aku akan menyelamatkan engkau sampai kesudahannya, dan Aku tidak akan membuang engkau. Aku tidak akan membiarkan engkau, karena Aku sudah mencintai engkau sampai selama-lamanya.” Tuhan mencintai kita sampai akhir, sampai genap dan sempurna seluruhnya. Dia mencintai kita sampai selama-lamanya, karena Dia Tuhan dan bukan manusia. Apakah kita memiliki cinta sedemikian? Kita juga harus belajar mencintai Tuhan sampai selama-lamanya. Kita juga harus belajar bagaimana diampuni oleh Tuhan, lalu mengampuni orang lain. Kita harus belajar bagaimana dikasihi oleh Tuhan, mengasihi Tuhan, lalu mengasihi dan dikasihi oleh sesama kita. Kita juga belajar melihat Tuhan yang begitu luas menampung kita, sehingga kita juga mau membuka hati seluas-luasnya untuk menampung orang lain. Kita belajar bagaimana Tuhan menyucikan kita, dan kemudian kita mau hidup suci di sepanjang hidup kita.

Yesus Kristus adalah Juruselamat yang esa, karena Ia satu-satunya yang memiliki hidup yang tak berkebinasaan. Tidak ada satu pemimpin dunia, pemimpin agama, atau pun orang-orang saleh di dunia yang memiliki kehidupan yang tak berkebinasaan. Hidup ini adalah hidup yang menguasai seluruh kuasa maut, bukan karena kekuatan dari luar, tetapi oleh kekuatan hidup Kristus sendiri. Yesus berasal dari Bapa, kembali kepada Bapa, dan pada suatu hari kelak Ia akan kembali ke dunia untuk mengakhiri seluruh dunia ini. Pada saat itu, barangsiapa yang mengakui Kristus di hadapan manusia, maka Kristus juga akan mengakui ia (Matius 10:32-33). Di bawah kolong langit tidak ada satu nama yang bisa diberikan kepada manusia, sehingga manusia bisa diselamatkan (KisahPara Rasul 4:12).

Hanya melalui Dia saja kita bisa kembali kepada Allah. Kita bukan sekadar menunggu pengharapan, kalau-kalau dan semoga bisa kembali ke sorga. Kita saat ini dengan keyakinan yang pasti melangkah ke sorga, karena Kristus sudah mati bagi kita, bangkit bagi kita, melunaskan tuntutan dosa bagi kita; dan Ia telah naik ke sorga menyediakan tempat bagi kita, bersyafaat bagi kita, dan suatu saat nanti Ia akan datang kembali, untuk membawa kita bersama-sama Dia di sorga.

——————–

Tema ini merupakan tema yang dapat dikatakan sebagai tema terpenting bagi hidup manusia. Satu berita terpenting, yaitu Yesus Kristus satu-satunya Juruselamat dan ketujuh syarat kesempurnaan yang melandasinya. Dan yang terpenting, Saudara bisa memperhatikan bahwa di antara ketujuh syarat ini, tidak ada satu syarat pun yang dimiliki oleh pendiri agama mana pun juga. Tidak ada satu pendiri agama, tidak ada satu nabi atau satu rasul yang mempunyai satu saja dari ketujuh syarat Juruselamat ini. Tidak ada satu orang saleh atau satu orang agamawan mana pun yang memiliki salah satu saja dari ketujuh syarat yang sedemikian istimewa dan agung. Ketujuh syarat ini hanya ada pada satu Pribadi saja, yaitu Yesus Kristus.

Biarlah bangsa-bangsa mengenal Yesus, biarlah seluruh dunia mengenal Yesus, dan kiranya bangsa Indonesia juga boleh mengenal Yesuis, karena selain Dia, tidak ada satu pun orang suci yang mutlak. Selain Dia tidak ada pengantara. Selain Dia tidak ada seorang yang mati menggantikan dosa orang lain. Selain Dia tidak ada yang mempunyai kuasa kebangkitan. Selain Dia tidak ada yang diutus menjadi Juruselamat. Selain Dia tidak ada yang menggenapi tuntutan keadilan Allah; dan selain Dia tidak ada yang datang kembali untuk menyelesaikan dan menyempurnakan seluruh dunia ini pada hari kiamat. Puji Tuhan!

Sudahkah Saudara mengenal Dia? Sudahkah Saudara menerima Dia? Pernahkah Saudara berlutut dan mengakui dosa-dosa Saudara, memohon ampun pada Allah, dan meminta penebusan Tuhan Yesus yang begitu mengasihi kita? Pernahkah Saudara mengundang Dia masuk ke dalam hati Saudara untuk memerintah sebagai Tuhan atas hidup Saudara? Pandanglah kepada-Nya : Yesus Kristus, Satu-satunya Juruselamat Dunia.

Amin.

SUMBER :
Nama buku : Yesus Kristus Juruselamat Dunia
Sub Judul : Bab IV : Syarat Mutlak Juruselamat?
Penulis : Pdt. DR. Stephen Tong
Penerbit : Momentum, 2004
Halaman : 86 – 129
Artikel Terkait :