Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hari Pentakosta adalah hari kelahiran sebuah gereja. Saat Roh Kudus turun pertama kali ada 3.120 orang menerimanya, bukan 120 orang. Ini terjadi waktu Petrus berkotbah pada 3000 orang. Ketigaribu orang  tersebut menerima Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus. Roh Kudus turun untuk menyatakan Kristus, meninggikan Kristus, menolong orang mengabarkan Kristus. Ini adalah bagian tugas Pribadi Ketiga yakni Allah Roh Kudus. Allah Bapa sebagai Pribadi Pertama mempersiapkan keselamatan, Allah Anak sebagai Pribadi Kedua menggenapi rencana keselamatan dan Allah Roh Kudus sebagai Pribadi Ketiga melaksanakan keselamatan. Roh Kudus turun untuk berkata, “Lihat Kristus!“. Kemudian utusan Tuhan pergi ke seluruh dunia, menjadikan segala bangsa murid Kristus.

Apakah yang paling penting dalam alam semesta menurut Allah? Apakah yang paling penting di alam semesta menurut manusia? Apakah yang paling penting di alam semesta menurut orang percaya? Masihkah poros gereja adalah mimbar yakni firman Tuhan? Apakah yang kau cari dalam gereja? Lihat pacar? Lihat musik? Lihat gedung? Allah menciptakan semesta dan dari segalanya bumi itu paling kecil. Matahari dengan bumi lebih penting mana? Lebih penting bumi karena matahari mensuplai cahaya bagi bumi. Bumi lebih bernilai dari segala sesuatu di alam semesta meski bumi sangat kecil. Berlian lebih bernilai dari tanah meski tanah lebih besar ukurannya dari berlian. Allah lebih besar dari manusia sebab Allah sang pemberi nilai pada seorang manusia. Allah mencipta dan semua yang dicipta ada nilainya. Emas lebih berat dari perak, besi, air, tetapi platinum lebih berat dari emas tetapi bintang neutron masih lebih berat dari platinum. Satu sendok bintang neutron beratnya bahkan bisa lebih berat dari truk. Maka engkau menitikberatkan hidupmu pada apa? Kalau engkau salah meletakkan titik berat, hidupmu dapat hancur!

Ada orang lebih mementingkan uang  daripada jiwa sendiri. Yesus berkata; “Jika engkau mendapatkan seluruh dunia tetapi kehilangan nyawa, apakah guna nya?“ Dari milyaran manusia yang pernah hidup di bumi adakah dari salah satu dari mereka yang mendapatkan seluruh dunia? Bahkan kalau ada orang yang mendapatkan seluruh dunia tetapi kehilangan diri sendiri apakah gunanya? Dia mendapatkan semua tetapi tidak tahu nilai diri, itu sungguh tidak berarti! Tetapi jika engkau salah dalam menilai, seumur hidup engkau menginvestasikan waktumu, uangmu, tenagamu untuk sesuatu yang tidak bernilai, betapa sia-sianya! Engkau mencari perempuan untuk melakukan seks, engkau membuang martabatmu, engkau membuang keperawananmu, engkau pikir disitu nilai tertinggi, engkau baru sadar setelah usia tuamu semua itu sia-sia. Berapa puaspun seks itu, semua akan lewat berlalu begitu saja! Ada seorang pria yang suka bermain seks, akhirnya dia mendapatkan seks. Dia mengeluarkan uang untuk membayar perempuan itu. Tetapi yang ia dapatkan kemudian adalah aids. Hidupnya pergi, kesehatannya pergi, uangnya pergi. Segala sesuatu pergi! Inilah bila orang salah menempatkan nilainya!

Dalam hidupmu bila engkau mendapatkan sesuatu yang tidak dapat dirampas oleh orang lain, engkau berbahagia! Orang yang mengerti Firman Tuhan, menyimpan Firman Tuhan dalam hidupnya, tak ada yang dapat mengambil hartanya tersebut. Orang yang menilai segala sesuatu sesungguhnya dia lebih bernilai dari apa yang dia nilai karena manusia serupa dan segambar dengan Allah. Alkitab berkata dirimu memiliki nilai yang paling tinggi diri seluruh alam semesta. Di dalam pandangan Allah alam semesta itu bernilai tetapi yang paling penting adalah bumi. Di dalam bumi yang paling penting adalah manusia dan di seluruh manusia yang paling penting adalah manusia yang mengenal Kristus. Berapa banyak orang yang ditipu oleh Iblis? Orang tidak mendapatkan nilai yang paling penting yakni Kristus, betapa malangnya!

Orang yang berkenan di hati Allah adalah Daud. Apakah Daud orang yang tidak berdosa? Daud adalah orang berdosa. Daud berzinah dengan istri orang lain bahkan merencanakan pembunuhan suami dari perempuan itu. Apakah Tuhan dapat ditipu? Tidak! Tuhan menghukum Daud! Daud seperti engkau dan saya!!! Tetapi Daud tetap dipanggil orang yang berkenan oleh Tuhan, kenapa? Karena Daud adalah orang yang mengerti Kristus disepanjang sejarah. Orang berkata, “Masakan Tuhan menilai dari seperti ini? Masih banyak orang lebih suci hidupnya dari Daud. Tetapi orang-orang tersebut tidak mengenal Kristus. Mengapa Yakub lebih berkenan daripada Esau bahkan sebelum Yakub lahir? Karena Yakub ditetapkan yang mengenal Kristus. Bagi Bapa, Kristus adalah yang paling bernilai, paling berkenan. maka siapa yang mengenal Kristus, dia yang diperkenankan oleh Allah!!! Siapa yang memberitahu kepada kita bahwa Yesus akan dijual 30 perak, disalib dan dipaku? Daud! Siapa yang memberitahu kita bahwa Yesus akan berteriak “Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?“ Daud! Siapa yang memberitahu bahwa Yesus akan naik ke surga dan duduk di sebelah Bapa? Daud! Daud mengetahui Kristus bahkan ribuan tahun sebelum Kristus lahir.

Seluruh alam semesta pusatnya adalah Kristus! Dunia pusatnya harus Kristus! Orang percaya pusat hidupnya harus Kristus! Banyak gereja sekarang porosnya bukanlah Kristus. Gereja sekarang porosnya administrasi, uang, popularitas, organisasinya! Gereja yang mementingkan Kristus dan penginjilan pasti diberkati Tuhan! Orang Kristen jika di hadapan Tuhan, apa yang diminta dari Tuhan? Orang Kristen haruslah mencari kerajaan dan kebenaran Allah, bukan kekayaaan, jabatan segala sesuatu yang dunia cari. Firman Tuhan berkata, “Carilah dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenarannya maka semua ditambahkan padamu.“ Jangan ikut Kristus sambil cinta dosa! Carilah Kristus sekuat tenagamu, sekuat pikiranmu, maka Engkau akan diperkenan oleh Bapa.

RINGKASAN INI BELUM DIPERIKSA OLEH PEMBICARA YANG BERSANGKUTAN-AS

Sumber : http://grii-munich.org/ringkasan-kotbah-spik-kristus-penghulu-hidup-mati-dan-bangkit-1/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube